Beranda » Info Lowongan Kerja » Ternyata Pekerja Dengan Masa Kerja Minim Satu Bulan Berhak Atas THR

Ternyata Pekerja Dengan Masa Kerja Minim Satu Bulan Berhak Atas THR

T Diposting oleh pada 18 February 2017
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 282 kali

Pekerjan dengan masa kerja minimal satu bulan kini berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). ketentukan tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Ketenegakerjaan (Permrnaker) No. 6/2016 tentang Tunjagan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi pekerja/Buruh di Perusahaan yang mulai berlaku pada 8 maret 2016.

Menaker , Hanif Dakhiri menyebukan permenaker yang merupakan salah satu peraturan turunan dari peraturan pemerintahan No.78/2015 tentang pengupahan tersebut secara resmi menggantikan Peraturan menteri tenaga kerja No.PER.04/MEN/1994 tentang tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih akan mendapat THR sebesar satu bulan upah. selain itu, setiap pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja tiga bulan secara terus -menruskan atau lebih maka berhak mendapatkan THR secara proporsional.”Dalam peraturan yang baru,pengusaha wajib memberikan THR keagamaan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih. hal itu berlaku bagi pekerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWT).

Hanif menjelaskankan ,THR keagamaan merupakan pendapatkan non-upah yang wajib dibayarkan oleh perusahan kepada pekerja /buruh atau keluarganya kan kain sesuai dengan kesepakatan pengusahan dan pekerja yang dituangkan dalam peraturan perusahan atau perjanjian kerja bersama (PKB).

Pembayaran THR bagi pekerja/buruh ini wajib diberikan sekali dalam setehun oleh perusahan dan pembayarannya sesuai dengan hari keagamaan. sedangkan terkait besarnya THR berdasarkan peraturan THR keterkaitan besarnya THR berdasarkan peraturan THR keagamaan tersebut adalah, bagi pekerja /buruh yang bersama kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih maka mendapat THR sebesar satu bulan upah .sedangankan pekerja /buruh yang bermasa kerja satu bukan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan masa kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah.

Namun,bagi perusahaan yang telah mengatur pembayaran THR keagamaan dalam perjanjian kerja, peraturan perusahan (PP) ,atau perjanjian kerja bersama (PKB) dan ternyata lebih baik dan lebih besar dari ketentuan diatas, maka THR yang dibayarkan kepada pekerja /buruh harus dilakukan berdasarkan pada pp atau PKB tersebut.

Dalam peraturan tersebut,diatur juga mengenai pengawas melaksanakan pembayaran THR yang dilakukan oleh pengawas ketenagakerja serta adanya saksi berupa denda dan saksi administratif terhadap pengusaha dan perusahaan yang dilakukan pelanggaran. Menaker meminta para pengusaha agar segera penerapkan peraturan yang memulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan diundangkan yaitu 8 Maret 2016. “Kemnaker sudah mulai melakukan sosialisasi mengenai peraturan THR ini dengan melibatkan lembaga kerjasama (LKS) tripartit yang didalamnya sudah termasuk asosiasi pengusaha Apindo,serikat pekerja/serikat buruh dan perwakilan pemerintah. Jadi kami harap aturan ini dapat dijalankan segera,”tutup Hanif.

Sumber : Majalah “Business News”

1 Komentar untuk Ternyata Pekerja Dengan Masa Kerja Minim Satu Bulan Berhak Atas THR

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Ternyata Pekerja Dengan Masa Kerja Minim Satu Bulan Berhak Atas THR

Lowongan Kerja BUMN PT Hutama Karya Februari 2017

T 16 February 2017 F A Kang Muhay

PT Hutama Karya ( Persero ) melalui program rekrutmennya saat ini membuka lowongan kerja terbaru pada bulan Februari tahun 2017 untuk mencari calon – calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap lini atau divisi kerja dalam perusahaan yang sedang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

Biro Jasa Resmi

Kami Biro Jasa Resmi di bawah naungan CV. Afaf Karya Utama yang beralamat di Kota Bekasi dengan legalitas usaha berbadan hukum (lengkap). Jasa pelayann kami : pendirian dan pengurusan legalitas perusahaan (PT, CV, SIUP, TDP & SKDU) serta melayani jasa pembuatan dokumen kependudukan dan lainnya.

Head Office

Jalan Baru Underpass Perum Duren Jaya Blok A No. 439 Rt.08 Rw.012 Kelurahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur – Kota Bekasi

Kontak Person Customer Service :

Call Center : 021-8269-5384

SMS : 085-216-030-685
Whatsapp: 085.216.030.685
Email: muhay_consultant@afafkaryautama.com

Jenis Pelayanan

  1. Pembuatan Sertipikat Tanah
  2. Pembuatan Legalitas Usaha (CV/PT/Yayasan)
  3. Pembuatan Dokumen Kependudukan
  4. Pembuatan SIM/STNK
  5. Paspor/Visa/Kitas/Kitap
  6. Pernikahan WNA & WNI
  7. Dokumen & Surat Surat Legalitas Lainnya